MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN DAKWAH - BLOGNYA PAK ALIP MULYONO
Headlines News :
Home » , » MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN DAKWAH

MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN DAKWAH

Written By Alip Mulyono on Minggu, 06 Oktober 2013 | 15.53

PENEGUHAN KEMBALI MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN DAKWAH
DISAMPAIKAN OLEH Drs.H.ABDULGHOFAR,M.Si.

CIRI-CIRI PERJUANGAN MUHAMMDIYAH
1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam
2.Muhammadiyah adalah gerakan dakwah  Islam amar ma’ruf nahi munkar
3. Muhammadiyah adalah gerakant ajdid

MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN DA’WAH
Berdasarkan Surat Ali Imran, ayat : 104 inilah Muhammadiyah meletakkan khittah atau strategi dasar perjuangannya, yaitu dakwah (menyeru, mengajak) Islam, amar ma’ruf nahi munkar dengan masyarakat sebagai medan juangnya. Gerakan Muhammadiyah berkiprah di tengah-tengahmasyarakat bangsa Indonesia dengan membangun berbagai ragam amal usaha yang benar-benar dapat menyentuh hajat orang banyak seperti berbagai ragam lembaga pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, membangun sekian banyak rumah sakit, panti-panti asuhan dan sebagainya.

TujuandakwahIslamiyahsecaraproporsionalmeliputitigasasaran
1.Agar supaya umat manusia menyembah kepada Allah, tidak mempersyarikatkan-Nya dengan sesuatu, dan tidak menyembah Tuhan selain Allah semata-mata.
2.Agar supaya umat  manusia bersedia menerima islam sebagai agamanya, memurnikan keyakinan, hanya mengakui Allah sebagai Tuhannya, membersihkan jiwanya dari penyakit nifaq dan selalu menjaga amal perbuatannya agar tidak bertentangan dengan ajaran agama yang di anutnya.
3.Dakwah islamiyah ditujukan untuk mengubah system pemerintahan kedalam pemerintahan islam.

Dalam matan kepribadian Muhammadiyah dinyatakan bahwa “maksud” Gerakan Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang ditujukan kepada dua bidang yaitu Perseorangan dan masyarakat.
1.      Perseorangan yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu :
  Orang yang sudahislam (UmatIjabah)
  Orang yang belumislam (UmatDakwah)
2.      Masyarakat
Pada kategori ini sifat dakwah yang digerak kan muhammadiyah berbeda-beda di sesuaikan dengan karakter, situasi dan kondisi masing-masing.
Dalam proses globalisasi paling tidakada lima ciri yang bersifatesensial, yakni :
1.      Terjadinya transfer nilai yang amat intensif dan ekstensif.
2.      Terjadinya transfer teknologi (terutama teknologi informasi dan komunikasi) secara massif dengan berbagai akibatnya.
3.      Terjadinya mobilitas dan kegiatan umat manusia yang tinggi dan padat, yang salah satunya mengubah persepsi dan konsep manusia tentang waktu dan tempat.
4.      Terjadinya pergeseran kesadaran dan prilaku sosial, yang berpengaruh pada kesadaran dan persepsi akan lingkungan dan kepentingan.

5.      Terjadinya kecenderungan budaya global kontemporer, yaitu kehidupan matrialistik, hedonistik, sekuralistik, konsumtif, permisif, pengingkaran terhadap nilai – nilai agama dan lain sebagainya. Namun disisi lain (sebagai reaksi terhadap globalisasi), timbul kecenderungan spiritualisme, nativisme dan reaksi lainnya yang sejenis.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BLOGNYA PAK ALIP MULYONO - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Otak Atik by Mas Imam