Anies Baswedan: Guru Indonesia perlu Diberdayakan - BLOGNYA PAK ALIP MULYONO
Headlines News :
Home » , » Anies Baswedan: Guru Indonesia perlu Diberdayakan

Anies Baswedan: Guru Indonesia perlu Diberdayakan

Written By Alip Mulyono on Minggu, 29 September 2013 | 03.16

 

Hidayatullah.com--Manusia Indonesia ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya untuk merubah wajah Indonesia. Ke depan, diyakini peran para pendidik atau guru akan semakin sentral untuk pendidikan Indonesia.
Demikian disampaikan Dr Anies Baswedan dalam acara IDEAFEST2013 di JCC, bertema dalam acara "A State of Indonesian Creative Conference” hari Sabtu, 28 September 2013, di Jakarta Convention Centre, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 37, Jakarta,  di mana Anies Baswedan menjadi salah satu pembicaranya.
"Saya melihat makin hari peran guru sangat sentral. Kami mempercayai betul kekuatan guru sebagai pengubah anak-anak didiknya," ujar Anis Sabtu (28/9/2013) kemarin.
"Kalau kita boleh katakan, pada gurulah kita titipkan persiapan masa depan republik ini. Betul-betul pada guru dan di sekolah-sekolah itu wajah masa depan kita,"tambahnya.
 Dengan kualitas guru yang seperti ini saja, hasilnya kita semua di sini. Please respect our teacher karena dengan guru ini saja sudah terjadi perubahan Indonesia seperti sekarang,"terangnya.
Meski demikian, Anies melihat ada masalah terhadap peran guru di Indonesia. Masalahnya terutama seputar kualitas guru dan distribusi guru untuk daerah-daerah di Indonesia.
Untuk itu, Anies menginginkan perlunya meningkatkan peran guru untuk ke depannya.
"Ke depan peran guru akan bergeser. Di banyak tempat kita mulai menyaksikan proses belajar tidak lagi mengandalkan guru sebagai sumber pengetahuan tapi guru sebagai fasilitator, guru sebagai teman, guru sebagai salah satu sumber yang merangsang munculnya motivasi untuk belajar. Jadi peran guru mengalami pergeseran,"harapnya.
Selain itu, Anies menekankan perlunya empowerment (pemberdayaan) bagi para guru. Yang tidak kalah penting, kata dia adalah menyambungkan tiap institusi pendidikan dengan sumber-sumber pengetahuan.
"Hari ini di Jakarta konektivitas sudah baik, tapi di luar itu, di luar kota besar apalagi di daerah-daerah relatif yang jauh dari pusat-pusat kemajuan, konektivitas adalah masalah besar. Ini tantangan kedua yang harus kita segera bereskan. Dimana kita bisa memainkan peran,"pungkasnya.*/kiriman Runni (Jakarta)
sumber: www.hidayatullah.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BLOGNYA PAK ALIP MULYONO - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Otak Atik by Mas Imam